Madu Orisinil Atau Madu Palsu? Ini Cara Gampang Mendeteksinya

Jangan terkecoh dengan label atau bahasa promosi akan keaslian madu Madu Asli atau Madu Palsu? Ini Cara Praktis Mendeteksinya Jangan terkecoh dengan label atau bahasa promosi akan keaslian madu. Patut disaygkan, hanya semoga produk madunya ingin cepat laku, kata-kata promosi yg tidak jujur dengan berani dikampanyekan. Kalau kondisinya begini, tentu konsumen yg menjadi korban. Berikut ada 5 cara gampang mendeteksi madu orisinil atau palsu:

1. Dipanaskan

Siapkan korek api, lilin & sendok makan. Tuangkan madu ke dlm sendok kemudian panaskan madu tersebut di atas nyala lilin. Perlahan-lahan akan semakin panas. Bila madunya orisinil maka madu yg sementara dipanaskan tersebut akan mengeluarkan busa sampai madunya tumpah dr sendok. Se&gkan madu yg palsu atau sudah mengandung adonan lain, busanya tidak akan muncul. Kalaupun ada busanya, tidak sebanyak busa yg terjadi pd madu murni atau asli.


2. Dituangkan ke air

Siapkan setengah gelas air kemudian tuangkan beberapa tetes madu ke dlmnya. Madu yg orisinil tidak akan bercampur dengan air & akan eksklusif jatuh ke dasar gelas. Kaprikornus jikalau madu yg dituangkan eksklusif mengambang di air bahkan gampang tercampur, ini menandakan madunya tidak orisinil atau bukan madu murni.

3. Dilumurkan di kertas

Cara kedua dengan melumurkan madu ke atas kertas. Perbedaannya cukup menarik. untk madu yg tidak orisinil akan menciptakan kertas gampang disobek & sangat cepat menembus ke lapisan bawah kertas. Sementara madu orisinil tidak menciptakan kertas gampang sobek & tidak eksklusif menembus kertas yg dilumuri madu tersebut.

4. Dibakar dengan korek api

Cara ketiga ini sangat sederhana. Cukup celupkan sebatang korek api ke dlm madu yg akan diuji. dlm kondisi korek api yg masih berair dilumuri madu, gesekkan korek api tersebut ibarat biasa anda akan menyalakannya. Madu yg orisinil akan tetap menciptakan korek apinya menyala. Sementara madu yg palsu tidak akan menciptakan korek api tersebut nyala. Korek api yg tidak menyala membuktikan bahwa madu tersebut mempunyai kandungan air atau a&ya materi adonan lain.

5. Dibekukan

Madu yg akan diuji harus dibekukan di freezer atau kulkas. Jika madunya asli, tidak akan membeku. Sebaliknya, jikalau madunya membeku ini membuktikan madunya palsu atau mempunyai kandungan air yg cukup banyak. Kejadian ini biasa terjadi jikalau madu sudah ditambahkan materi adonan lain ibarat larutan gula atau yg semacamnya.

Itulah 5 cara gampang mendeteksi madu orisinil atau palsu. Mohon di share jikalau bermanfaat.

iklan 4

Related Posts →


This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalise ads and to analyse traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn more