Perkembangan Anak Usia Dini - Periode ini merupakan kelanjutan dr masa bayi (lahir hingga usia 4 tahun) yg ditandai dengan terjadinya perkembangan fisik, motorik & kognitif (perubahan dlm sikap, nilai, & perilaku) & psikososial serta diikuti oleh perubahan-perubahan yg lain.
Perkembangan anak usia dini secara umum terdiri dr 5 aspek perkembangan yg sanggup diuraikan sebagai berikut :
1) Perkembangan Fisik & Motorik
Pertumbuhan fisik pd masa ini (kurang lebih usia 4 tahun) lambat & relative seimbang. Peningkatan berat tubuh anak lebih banyak drpd panjang ba&nya. Peningkatan berat tubuh anak terjadi terutama alasannya yaitu bertambahnya ukuran system rangka, otot & ukuran beberapa organ tubuh lainnya.
Perkembangan motorik pd usia ini menjadi lebih halus & lebih terkoordinasi dibandingkan dengan masa bayi. pd masa ini anak bersifat impulsif & selalu aktif. Mereka mulai menyukai alat–alat tulis & mereka sudah bisa menciptakan desain maupun goresan pena dlm gambarnya. Mereka juga sudah bisa memakai alat manipulasi & konstruktif.
2) Perkembangan Kognitif
Pikiran anak berkembang secara berangsur-angsur pd periode ini. Daya pikir anak yg masih bersifat imajinatif & egosentris pd masa sebelumnya maka pd periode ini daya pikir anak sudah berkembang kearah yg lebih konkrit, rasional & objektif. Daya ingat anak menjadi sangat kuat, sehingga anak benar-benar berada pd stadium belajar.
3) Perkembangan Bahasa
Hal yg penting dlm perkembangan anak usia dini dlm aspek bahasa yaitu persepsi, pengertian adaptasi, imitasi & ekspresi. Anak harus mencar ilmu mengerti semua proses ini, berusaha menggandakan & kemudian gres mencoba mengekspresikan harapan & perasaannya. Perkembangan bahasa pd anak mencakup perkembangan fonologis, perkembangan kosakata, perkembangan makna kata, perkembangan penyusunan kalimat & perkembangan pragmatik.
4) Perkembangan Sosial
dr aspek perkembangan sosial, bawah umur mulai mendekatkan diri pd orang lain disamping anggota keluarganya. Meluasnya lingkungan sosial anak menyebabkan mereka berhadapan dengan pengaruh–pengaruh dr luar. Anak juga akan menemukan guru sebagai sosok yg berpengaruh.
5) Perkembangan Moral
Perkembangan susila berlangsung secara berangsur–angsur, tahap demi tahap. Terdapat tiga tahap utama dlm pertumbuhan ini, tahap amoral (tidak memiliki rasa benar atau salah), tahap konvesional (anak mendapatkan nilai & susila dr orang bau tanah & masyarakat), tahap otonomi (anak menciptakan pilihan sendiri secara bebas) (Tadkiroatun Musfiroh, 2005: 6).
Demikian perkembangan anak usia dini & aspek-aspek perkembangannya. Memahami lebih lanjut wacana hal ini sanggup dibaca pd pengertian & karakteristik anak usia dini.
iklan 4
Perkembangan anak usia dini secara umum terdiri dr 5 aspek perkembangan yg sanggup diuraikan sebagai berikut :
1) Perkembangan Fisik & Motorik
Pertumbuhan fisik pd masa ini (kurang lebih usia 4 tahun) lambat & relative seimbang. Peningkatan berat tubuh anak lebih banyak drpd panjang ba&nya. Peningkatan berat tubuh anak terjadi terutama alasannya yaitu bertambahnya ukuran system rangka, otot & ukuran beberapa organ tubuh lainnya.
Perkembangan motorik pd usia ini menjadi lebih halus & lebih terkoordinasi dibandingkan dengan masa bayi. pd masa ini anak bersifat impulsif & selalu aktif. Mereka mulai menyukai alat–alat tulis & mereka sudah bisa menciptakan desain maupun goresan pena dlm gambarnya. Mereka juga sudah bisa memakai alat manipulasi & konstruktif.
2) Perkembangan Kognitif
Pikiran anak berkembang secara berangsur-angsur pd periode ini. Daya pikir anak yg masih bersifat imajinatif & egosentris pd masa sebelumnya maka pd periode ini daya pikir anak sudah berkembang kearah yg lebih konkrit, rasional & objektif. Daya ingat anak menjadi sangat kuat, sehingga anak benar-benar berada pd stadium belajar.
3) Perkembangan Bahasa
Hal yg penting dlm perkembangan anak usia dini dlm aspek bahasa yaitu persepsi, pengertian adaptasi, imitasi & ekspresi. Anak harus mencar ilmu mengerti semua proses ini, berusaha menggandakan & kemudian gres mencoba mengekspresikan harapan & perasaannya. Perkembangan bahasa pd anak mencakup perkembangan fonologis, perkembangan kosakata, perkembangan makna kata, perkembangan penyusunan kalimat & perkembangan pragmatik.
4) Perkembangan Sosial
dr aspek perkembangan sosial, bawah umur mulai mendekatkan diri pd orang lain disamping anggota keluarganya. Meluasnya lingkungan sosial anak menyebabkan mereka berhadapan dengan pengaruh–pengaruh dr luar. Anak juga akan menemukan guru sebagai sosok yg berpengaruh.
5) Perkembangan Moral
Perkembangan susila berlangsung secara berangsur–angsur, tahap demi tahap. Terdapat tiga tahap utama dlm pertumbuhan ini, tahap amoral (tidak memiliki rasa benar atau salah), tahap konvesional (anak mendapatkan nilai & susila dr orang bau tanah & masyarakat), tahap otonomi (anak menciptakan pilihan sendiri secara bebas) (Tadkiroatun Musfiroh, 2005: 6).
Demikian perkembangan anak usia dini & aspek-aspek perkembangannya. Memahami lebih lanjut wacana hal ini sanggup dibaca pd pengertian & karakteristik anak usia dini.