Pengertian Prestasi Berguru Berdasarkan Para Hebat

Pengertian Prestasi Belajar Menurut Para Ahli - Prestasi mencar ilmu didefinisikan sebagai hasil yg dicapai seseorang dlm perjuangan belajarnya sebagian dinyatakan dengan nilai-nilai dlm buku rapornya (Wirawan, 2002)

menurut kamus Besar Bahasa Indonesia (2002:895) yakni penguasaan pengetahuan & ketrampilan yg dikembangkan melalui mata pelajaran, lazimnya ditunjukan dengan nilai test atau angka nilai yg diberikan oleh guru. untk memahami lebih luas ihwal prestasi mencar ilmu di bawah ini disajikan beberapa pendapat.

Se&gkan Suharsimi Arikunto (2003:269) beropini bahwa prestasi mencar ilmu yakni tingkat pencapaian yg telah dicapai oleh anak didik atau siswa terhadap tujuan yg ditetapkan oleh masing-masing bi&g studi setelah mengikuti acara pengajaran dlm waktu tertentu.
 

Menurut Sumadi Suryabrata (2005 :175) prestasi mencar ilmu mencakup perubahan psikomotorik, sehingga prestasi mencar ilmu yakni kemampuan siswa yg berupa penguasaan pengetahuan, perilaku & ketrampilan yg dicapai dlm mencar ilmu setelah beliau melaksanakan kegiatan belajar.

Prestasi mencar ilmu geografi misalnya, yakni hasil yg diperoleh siswa setelah melaksanakan acara mencar ilmu Geografi yg berupa penguasaan, pengetahuan perilaku & keterampilan yg lazimnya ditunjukan dengan nilai tes atau angka nilai yg diberikan oleh guru. Prestasi mencar ilmu dlm suatu penelitian untk bi&g studi geografi ini diperoleh dr rata-rata dr nilai ulangan & nilai ujian mid semester pd mata pelajaran geografi.

dr pendapat di atas, sanggup disimpulkan bahwa pengertian prestasi belajar merupakan hasil yg diperoleh siswa setelah melaksanakan acara mencar ilmu yg mencakup perubahan tingkah laris (psikomotorik), penguasaan pengetahuan, perilaku & ketrampilan. Nilai yg dilaporkan dlm rapor merupakan perumusan terakhir yg diberikan guru mengenai kemajuan atau prestasi mencar ilmu siswa selama masa tertentu.

Prestasi mencar ilmu atau hasil mencar ilmu siswa sanggup di ketahui dengan jalan diukur atau menilai. Menurut Suma di Suryabrata (2005:294), disebutkan bahwa hasil mencar ilmu siswa sanggup diukur dengan cara:


  1. Memberikan tugas-tugas tertentu
  2. Menanyakan beberapa hal yg berkaitan dengan pelajaran tertentu
  3. Memberikan tes pd siswa setelah mengikuti pelajaran tertentu, &
  4. Memberikan ulangan
Menurut Zaenal Arifin (1991:3-4) prestasi mencar ilmu memiliki fungsi utama, antara lain:
  1. Prestasi mencar ilmu sebagai indikator kualitas & kuantitas pengetahuan yg telah dikuasai anak didik
  2. Prestasi mencar ilmu sebagai lambang pemuas hasrat ingin tahu. hal ini didasarkan pd perkiraan bahwa para mahir psikologi biasanya menyebut hal ini sebagai tendensi keingintahuan (curiocity) & merupakan kebutuhan umum pd manusia, termasuk kebutuhan pd anak didik dlm suatu acara pendidikan.
  3. Prestasi mencar ilmu sebagai materi inform asi dlm penemuan pendidikan. Asumsinya yakni bahwa prestasi mencar ilmu sanggup dijadikan pendorong bagi anak didik dlm meningkatkan ilmu pengetahuan & teknologi, & berperan sebagai umpan balik (feadback) dlm meningkatkan mutu pendidikan
  4. Prestasi mencar ilmu sebagai indikator intern & ekstern dr suatu institusi pendidikan. Indikator intern dlm arti bahwa prestasi mencar ilmu sanggup dijadikan faktor produktivitas suatu institusi pendidikan. Asumsinya yakni bahwa kurikulum yg dipakai relevan dengan kebutuhan masyarakat & anak didik. Indikator ekstern dlm arti tinggi rendahnya prestasi mencar ilmu sanggup dijadikan indikator tingkat kesuksesan anak didik di masyarakat. Asumsinya yakni bahwa kurikulum yg dipakai relevan pula dengan pembangunan masyarakat.
  5. Prestasi mencar ilmu sanggup dijadikan indikator terhadap daya serap (kecerdasan) anak didik. dlm proses mencar ilmu mengajar anak didik merupakan problem yg utama & pertama & alasannya anak didiklah yg dibutuhkan sanggup menyerap seluruh materi pelajaran yg telah diprogramkan dlm kurikulum .
Berdasarkan pembagian terstruktur mengenai di atas sanggup disimpulkan bahwa sangat penting untk mengetahui pengertian prestasi belajar, alasannya prestasi mencar ilmu selain sebagai daya serap siswa, teapabila juga sebagai indikator kualitas institusi pendidikan. 
iklan 4

Related Posts →


This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalise ads and to analyse traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn more